Menjaga Loyalitas Konsumen dengan Ucapan Selamat

Menjaga Loyalitas Konsumen – Salah satu faktor pendukung dalam mempertahankan eksistensi bisnis anda. Sebesar apapun bentuk usaha anda, pasti membutuhkan loyalitas konsumen. Banyak sekali cara dalam membangun loyalitas konsumen seperti diskon khusus, service after sale, menjaga kualitas produk dll. Nah berikut adalah salah satu hal simpel dlm menjaga loyalitas konsumen dan pasti juga sudah banyak yg tau ^^

Ucapan Selamat. Mungkin ucapan selamat terlihat sepele tp tidak dipungkiri bahwa ucapan selamat bisa lebih mengena dihati. Pasti sudah banyak yang tau cara2x spt ini tapi ucapan selamat secara personal lebih dihargai seperti :

  • Ucapan Selamat Ulang Tahun. Anda bisa mengirim sms, email, chat atau kalau perlu telpon kepada konsumen anda untuk mengucapkan Selamat Ulang Tahun pada pagi hari (klo perlu pukul 00:01 dini hari ^^). Ucapan bisa juga kepada suami/istri dan putra/putri konsumen anda. Dan klo punya modal lebih, anda bisa memberikan kado kue tart dan diskon khusus produk anda :D.
  • Ucapan Selamat Hari Raya. Sama seperti ucapan ULTAH diatas dan ucapan selamat ini tentunya harus bertepatan pada hari raya agama konsumen anda. Dan klo punya modal, anda bisa memberikan mini parcel dan harga paket hemat produk anda.
  • Unik. Kalimat yg tertera pada ucapan selamat sebaiknya unik dan bukan template yg biasanya diapakai secara umum. Tunjukkan klo kalimat tsb merupakan ucapan asli dari anda pribadi dan khusus untuk konsumen anda. Sisipkan nama anda pribadi disertai perusahaan anda.

Dan tentunya anda harus tau benar kapan hari2x penting itu tiba, gunakan kreatifitas anda untuk mendapatkan jadwal2x tsb (KYC = Know Your Customer atau Know Your Client). Anda bisa memanfaatkan reminder yg ada di gagdet handphone atau blackberry sebagai pengingat anda. Memang tidak semua bentuk usaha membutuhkan cara seperti ini dalam menjaga loyalitas konsumen, contohnya usaha jual sembako ^^.  Tapi jika bisnis anda membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi dan bersifat prestisius, mungkin cara ini sangat-sangat bermanfaat.

Artikel tsb bukan merupakan jurnal ataupun teori loyalitas konsumen. Saya sudah mempraktekkan dan merasakan efeknya yg luar biasa. Ilmu tsb saya pelajari dari seorang private banker bank BUMN yang menghandel dana seorang konglomerat dari salah satu 10 org terkaya di indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *