Kelebihan Blackberry dibanding Android atau HP lainnya

Written by doni on December 24, 2011. Posted in Teknologi

Blackberry bukan sekedar handphone yang bisa Telp dan SMS. Kelebihan utama blackberry adalah DATA YANG REALTIME, dan data yang saya maksud tsb adalah email, chat, update status jejaring sosial. Tapi bukan berarti gagdet diluar blackberry seperti android, iphone dll tidak bisa realtime. Untuk membahas kelebihan blackberry lebih dalam, saya akan coba sedikit jelaskan mengenai BIS atau Blackberry Internet Service yang sering digunakan oleh pengguna Blackberry di Indonesia.

Apa itu BIS (Blackberry Internet Service)

BIS adalah suatu bentuk server data yang dimiliki oleh RIM (Research In Motion). Server data tersebut adalah pusat singkronisasi data sebelum data tersebut sampai ke pengguna blackberry. Sehingga data seperti push email, chat dan update status yang ada di blackberry anda adalah hasil singkronisasi BIS dengan internet seperti server yahoo, gmail, facebook dll. Gambaran mudahnya bisa dilihat berikut :

Blackberry anda <—> Operator GSM/CDMA <—> BIS <—> Internet

Jadi blackberry anda akan melewati operator seluler dan BIS sebelum mendapatkan data dari internet. Dengan alur data tersebut, maka BIS juga bisa disebut sebagai Proxy Server. Semua data internet (seperti email/chat/update status) yang “diserap” oleh BIS akan SELALU disingkronisasi sebelum diberikan ke pengguna Blackberry. Data tersebut juga sudah dikompres untuk meminimalisasi ukuran data agar transfer data menjadi lebih cepat, dan karena itulah layanan BIS berasa REALTIME. Kompresi data yang dihasilkan BIS tsb juga memberikan efek hemat batere yang banyak diungkapkan oleh para pengguna blackberry.

Bagaimana dengan koneksi internet diluar Blackberry seperti iPhone, Android dll ??? Gambaran koneksi internet yang dipakai gadget mobile diluar blackberry seperti berikut :

Gadget Mobile <—> Operator GSM/CDMA <—> Internet

Tidak adanya server (proxy) yang melakukan singkronisasi dan kompresi menjadikan gadget diluar blackberry berasa kurang realtime JIKA perbandingannya menggunakan kecepatan akses dan bandwidth internet yg sama. Dari situlah kenapa koneksi internet blackberry lebih mahal daripada koneksi internet yg dipakai oleh gadget diluar blackberry karena sebenarnya pengguna Blackberry membayar dua hal yaitu koneksi operator seluler dan BIS nya.

RUGI menggunakan Blackberry

Kalo orang kaya sih gk ada ruginya hehe. Sangat RUGI jika blackberry hanya digunakan untuk sekedar cek/update status GEJE dan chatting seperti yang dilakukan para ALAY dan ABABIL. Blackberry sangat menguntungkan jika dapat memanfaatkan fitur REALTIME nya untuk pekerjaan atau berbisnis seperti bisnis online dengan kenyamanan Keyboard Qwerty-ScrollPad dan kemudahan copy-paste teks antar aplikasinya. Komunikasi email dan chat blackberry yg REALTIME sangat bermanfaat untuk menjaga eksistensi bisnis dan memperluas relasi bisnis, terutama “dukungan” komunitas BBM yang sangat besar di Indonesia.

Apakah tidak ada pesaing teknologi BIS ?

Teknologi BIS bukan yg pertama dimiliki RIM. Didunia ini perusahaan IT yang besar adalah perusahaan yang menjual teknologi yang fokus. RIM menjual teknologi yang fokus terhadap singkronisasi data internet, Google “menjual” search engine, Oracle menjual database, Apple menjual multimedia, Microsoft menjual user-friendly interface, Samsung menjual teknologi layar LCD-LED, NetApp menjual teknologi NAS, Intel menjual processor dan masih banyak lainnya. Walau sebenarnya RIM “menjiplak” teknologi SyncML untuk singkronisasi data nya, tapi RIM benar2x sangat fokus dalam mengelola dan memasarkan teknologi tsb dengan dukungan infrastruktur BIS dan gadget blackberry nya.

Sudah tau kan kelebihan blackberry ? jangan sampai anda memberi jawaban memalukan seperti kelebihan blackberry adalah lebih hemat batere untuk ber-internet ria. Borosnya batere yang dialami gadget multimedia seperti android, iphone dll adalah karena fitur dan spesifikasi multimedia yg tinggi drpd blackberry. Masih juga berfikir untuk membandingkan fitur Blackberry dengan Android atau iPhone ??? seperti membandingkan pisau dapur dan pisau utk sembelih :D

Comments (51)

  • adnan
    April 15, 2014 at 2:13 pm |

    BB cocok utk pkerja lapangan, android cocok utk pkerja di balik meja, android ada utk menyaingi khbatan BB, jd smua brdasarkan ide prbaikan, utk 10th kedpan mgkin dah ada yg lbh canggih dr BB, android, iphone dll, jd nikmatin aja fsltas yg disediakan aja gak prlu di bnggain bgt, klo itu BB, android itu bkinan bokap loe br loe pd bangga2in…peace

Leave a comment