Cara memilih Blackberry

Blackberry bukan sekedar handphone yang hanya bisa telp dan sms. RIM (blackberry developer) menciptakan Blackberry untuk memudahkan komunikasi yang REALTIME dan simpel, dan bentuk komunikasi yang dijadikan andalan blackberry adalah EMAIL dan CHAT (seperti BBM, YM, chat FB dll) yang sangat-sangat realtime karena dukungan service dari proxy BIS (BlackBerry Internet Service) atau BES (BlackBerry Enterprise Server). Kenyamanan dlm menulis pada keyboard QWERTY juga menjadi ciri khas Blackberry. Jika anda membeli blackberry maka anda membeli dua hal, yaitu membeli gadget handphone itu sendiri dan berlangganan service blackberry nya.

blackberry bold 9900 (dakota)

blackberry bold 9900 (dakota)

Berdasarkan pengalaman saya, apapun tipe blackberry nya, blackberry sangat handal dalam urusan email dan chat secara REALTIME jika dibandingkan gadget komunikasi lainnya. Dengan fitur2x yang ditawarkan service Blackberry, menjadikan Blackberry sebagai gagdet komunikasi yang sangat bermanfaat jika dipakai untuk ber-Bisnis Online atau bentuk bisnis lainnya, dan bisa dibilang, seorang marketing online diwajibkan punya blackberry ^^. Tapi sayangnya, saat ini mayoritas pengguna blackberry di indonesia (terutama di sekitar saya ^^) hanya memanfaatkan blackberry sebagai bagian dari social LIFESTYLE (Gaya hidup) dan sampai2x nih negara memiliki julukan “Blackberry Nation” :D.

Seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan pasar, Blackberry menambahkan fitur nya dengan meng-integrasi-kan service REALTIME nya dengan berbagai macam social network populer seperti facebook dan twitter, baik dalam hal “update status” maupun chat nya. Anda tidak bisa membandingkan Blackberry dengan gadget komunikasi lain, ibaratnya seperti membandingkan pisau daging, pisau  sayur dan pisau perang. Jika anda butuh gadget komunikasi-multimedia yang handal, belilah iPhone, jika anda butuh gagdet komunikasi-kaya fitur-gratisan belilah android dan bila anda butuh komunikasi yang realtime dan simpel belilah blackberry.

Berikut tips dasar cara memilih blackberry :

  1. Kecepatan akses. Jika anda butuh kecepatan akses internet (kearah browsing-download-upload), pilih blackberry yang memiliki fitur 3G/HSDPA/EVDO atau 4G (jika nantinya ada). Tapi jika anda hanya ingin murah berlangganan dan hanya butuh email/chat anda cukup membutuhkan blackberry dengan fitur 2G/GPRS. Semakin tinggi frekuensi (4G/3G/2G), semakin cepat menghabiskan batere dan mungkin membuat panas gagdet anda.
  2. Mobilitas. Jika anda sering berpergian keluar kota dan sampai ke daerah terpencil, pilih blackberry dengan fitur GSM (2G/3G/HSDPA/4G), tapi jika anda hanya sering berpergian ke kota2x besar, pilih blackberry dengan fitur CDMA (EVDO) dan biasanya berlangganan koneksi internet CDMA lebih murah daripada berlangganan GSM.
  3. Kaya fitur dan aplikasi. Jika anda membutuhkan blackberry yang kaya akan fitur maka anda perlu memperhatikan spesifikasi hardware blackberry seperti : Processor (Hz/GHz), RAM (MB) dan Battery (mAh). Semakin banyak aplikasi yang terinstall, semakin tinggi spesifikasi yang dibutuhkan dan tentunya semakin besar kebutuhan power batere nya.

dan selebihnya anda bisa memilih fitur standar tambahan seperti GPS, Memory internal, Bluetooth, Wifi, Camera dll sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa membandingkan berbagai macam tipe blackberry di GSMArena. JIKA saat ini anda punya uang lebih, belilah Blackberry DAKOTA/Magnum/9900 + Playbook (ipad nya blackberry) hehehe.

2 thoughts on “Cara memilih Blackberry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>