Cara Berjualan Online dengan mudah

Written by doni on October 31, 2011. Posted in Artikel

Berjualan online adalah salah satu bentuk dari bisnis online. Berjualan online adalah aktifitas berjualan melalui media internet dan tentunya koneksi internet adalah modal yang paling utama. Murahnya biaya koneksi internet saat ini ikut mendukung pesatnya peningkatan kegiatan transaksi jual-beli online dan hal tsb juga didukung pula dengan fleksibilitas transfer uang yg ditawarkan oleh bank2x besar melalui internet banking. Saat ini, pasar/peluang/market share didunia online (khususnya indonesia) masih sangat luas dan semakin meningkat, sedangkan penjual online masih sedikit.

Modal berjualan Online :

  1. Internet. Banyak sekali tawaran koneksi internet murah, baik dengan kabel maupun wireless/mobile. Cukup dengan Rp. 50rb per bulan pun kita sudah bisa mendapatkan fasilitas internet unlimmited full akses. Bagaimana dengan Kecepatan internet? untuk berjualan online kecepatan 265kbps s/d 384kbps itu sudah lebih dari cukup. Bisa juga memanfaatkan wifi hotspot gratisan di kampus atau Cafe2x dengan modal beli se-gelas es cappucino^^.
  2. Kontak. Selain kita menjalin komunikasi melalui Telp dan SMS, kita WAJIB memiliki kontak Email dan Chat. Jangan sampai calon klien kesulitan untuk menghubungi kita yang kemudian mengakibatkan kepercayaan hilang kepada kita sebagai penjual online. Layanan TANYA-JAWAB pun sangat diperlukan melalui kontak kita.
  3. Komputer. Banyak sekali komputer murah, bahkan sebuah laptop bisa dimiliki hanya dengan Rp 2.5Jt. Atau bisa memanfaatkan komputer warnet jika ingin ngirit modal:). Jika punya modal lebih, coba untuk membeli gadget blackberry. Dengan fitur realtime email, chat, social network yang ditawarkan blackberry, sangat mendukung aktifitas berjualan online secara mobile dan murah. Atau bisa juga memiliki tablet-pc berbasis android seperti galaxy tab.
  4. Rekening. Mungkin bisa diawali dengan membuka rekening BCA, karena BCA memiliki jaringan ATM paling besar dan fitur internet banking paling lengkap. Saat ini BCA juga meluncurkan aplikasi blackberry nya untuk mendukung mobile banking nya (semoga versi android juga ada ^^). Dan nantinya diperlukan rekening2x lain seperti Mandiri, BRI dan BNI jika bisnis online sudah mulai berkembang.
  5. Jasa pengiriman. Jika kita berjualan barang (bukan jasa), sebisa mungkin posisi kita dekat dengan agen2x pengiriman seperti kantor pos, atau jasa pengiriman yang populer seperti TIKI JNE.
  6. Kepercayaan. Hal ini sangat penting dalam berjualan online karena di sisi pembeli online, resiko tertipu sangat besar, dan hal ini diperlukan moral yang baik untuk membangun kepercayaan.
  7. Tempat. Dalam berjualan Online tidak perlu membutuhkan tempat atau kantor yang bagus. Kantor pun nggak perlu sampai dideretan jalan pangsud jakarta hehe. Berjualan online masih bisa dilakukan di kamar sambil tiduran :D .

Dan untuk memenuhi 4 poin pertama diatas pastinya membutuhkan uang, dan tentunya dibutuhkan kreatifitas anda untuk memenuhi modal uang tersebut (yang punya modal uang 5jt aja masih bingung mo bisnis apaan ^^). Bagaimana dengan tempat berjualan online? paling mudah adalah dengan memanfaatkan FJB Kaskus (Forum Jual-Beli Kaskus) dan Facebook. Kaskus adalah forum dengan komunitas terbesar di indonesia sedangkan Facebook adalah social network paling populer sejagad (khususnya di indonesia). Dan tentunya peluang pasar di kedua situs tsb sangatlah besar. Kaskus juga mendukung mobile view melalui m.kaskus.us, begitu juga facebook yg memiliki banyak aplikasi mobile.

Tips Cara berjualan online di kaskus :

  1. Bangun kepercayaan. Jika anda pengguna kaskus (kaskuser) yang baru, sebaiknya memulai dengan membangun kepercayaan seperti mendapatkan reputasi yang baik (cendol ijo) dan banyakin teman sesama kaskuser. Untuk mendapatkan reputasi yang baik, anda bisa membuat thread baru dengan artikel2x kecil yang bermanfaat misal nya “Tips2x atau Trik2x” atau info2x menarik lainnya (sukur2x masih berkaitan dengan barang/jasa yg anda jual). Anda juga wajib mengumpulkan testimonial positif dari klien2x yang sudah PUAS membeli barang/jasa anda. Sebisa mungkin hindari maksud MENIPU, karena “KEJENGKELAN” pembeli kaskuser bisa berdampak buruk secara luas terhadap profil kita di dunia maya.
  2. Harga jual. Mindset pembeli di kaskus adalah harga murah, dimana orang yang membeli di kaskus mengharapkan harga yang murah atau diskon dari harga pasaran offline. Dan tentunya harga murah bukan berarti murahan, dimana kualitas dan service after sale yang handal juga harus tetap dipertahankan. Berikan nilai BONUS atau GRATIS jika memang harga jual sedikit lebih mahal dari kompetitor. Misal gratis cendoL Ijo untuk pembeli hehe.
  3. Jual apapun keadaannya. Anda tidak harus berjualan barang baru di kaskus. Anda bisa menjual barang2x bekas pakai yang lecet sekalipun dengan catatan tunjukkan kekurangan fisik nya melalui foto dan tidak ada yang disembunyikan.
  4. Fast response. Kecepatan dalam menjawab pertanyaan pembeli kaskuser sangatlah penting, apalagi jika anda penjual pemula. Karena Fast Response adalah nilai tambah dari kepercayaan kita sebagai penjual.
  5. RekBer. Atau disebut Rekening Bersama. Anda bisa menawarkan pembayaran melalui rekening bersama untuk menambah kepercayaan pembeli (terutama pembeli diluar kota). Rekber juga bisa kita manfaatkan jika kita tidak memungkinkan untuk COD (Cash on Delivery atau bayar ditempat atau bayar pas ketemuan ^^).
  6. Judul Thread. Sebisa mungkin judul menarik misalnya “Jual Software Karaoke (Surabaya)” …. dan gk perlu lebay misalnya “Jual Software Karaoke paling murah se-Kaskus RAYA“.
  7. Isi Thread.  Isi thread harus sesuai judul dan formatnya jelas misalnya : Tulis ulang judul, penjelasan fitur produk, daftar harga produk yang dijual, metode pembayaran dan kontak. Isi Thread sebisa mungkin fokus, jika misal anda berjualan aplikasi android, hindari penjelasan penjualan aksesoris hp android, dan kalau memang diperlukan utk itu anda bisa membuat thread baru khusus untuk menjual aksesoris hp android dan memberikan link yang mengaitkan dengan Thread anda yang satu dengan yang lainnya. Hindari gaya iklan baris, misalnya “Jual pakaian wanita/peralatan bayi/dll kontak 08109i40950923 …. “.
  8. Jangan Salah Kamar. Salah kamar maksudnya salah menempatkan thread kita di sebuah sub forum, misal anda membuat thread jual software karaoke tapi anda menempatkan thread tsb di sub forum jual beli hanphone. Jangan lupa untuk membaca peraturan di masing2x sub forum yg telah ditetapkan momod (moderator)
  9. Wajib Sundul. Anda harus meluangkan waktu secara rutin untuk menyundul Thread agar tidak tenggelam di halaman belakang dengan memposting tulisan misalnya “malam gan :sup:” karena di FJB kaskus thread jualan anda bakal cepat menghilang dari halaman pertama dalam hitungan menit dan bahkan detik :D dan aturan sundul adalah 1x dalam 24jam.

Sundul

Dengan tips diatas diharapkan anda sudah mendapat gambaran bagaimana cara berjualan online khususnya di kaskus. Bagaimana dengan berjualan online di facebook? Facebook juga tidak serumit kaskus, konsepnya juga sama seperti dikaskus, hanya saja facebook tinggal memperbanyak jaringan teman dan rajin “update status” :D .
Buat Web Toko Online

Tags: , , ,

Comments (1)

  • syarifudin
    May 24, 2012 at 12:58 pm |

    terima kasih atas infonya… infonya sangat bermanfaat buat saya.

Leave a comment