Belajar SEO untuk Pemula

Belajar SEO untuk Pemula itu mudah JIKA ada kemauan dan waktu untuk memahami. Pada dasarnya SEO (Search Engine Optimization) bukan merupakan ilmu pasti seperti matematika dan jika kita menganggapnya sbg ilmu pasti maka kita sdh melangkahi sang dewa search engine yaitu Google. Memang terdengar lebay jika menyebut google sebagai dewa, tapi tidak bisa dipungkiri jika Google merupakan “kiblat” para pengais uang online yg menggunakan strategi internet marketing, sehingga belajar SEO sangat diperlukan untuk memahami kemauan hati google. Selain Google juga masih ada search engine seperti Yahoo, Bing, Ask, AOL tapiii… mereka berempat bisa dinomorduakan setelah Google khususnya untuk market Indonesia saat ini.

Belajar Teknik Dasar SEO

Untuk mendapatkan hati Google (SERPs), kita perlu melakukan berbagai macam aktivitas/teknik SEO dan jangan pernah kita merasa sukses mendapatkan hati google 100%, karena kita harus terus berusaha dengan teknik SEO yg berkelanjutan dan selalu uptodate thd metode2x baru SEO. Dalam dunia Internet Marketing SEO, Istilah SEO dibagi menjadi dua macam yaitu SEO ONPAGE dan SEO OFFPAGE.

SEO OnPage

SEO OnPage adalah aktivitas/teknik SEO yang HANYA dilakukan di dalam struktur-konten Website/Blog kita sendiri. Berikut poin2x dari SEO ON PAGE :

  1. Domain/SubDomain, walau tidak wajib, tapi sebisa mungkin domain website mengandung unsur dari keyword (katakunci) yang menjadi target kita, misal WWW.BELAJAR-SEO-BAGI-PEMULA.COM atau WWW.BELAJAR-SEO-MUDAH.COM atau WWW.TEKNIK-BELAJAR-SEO.BLOGSPOT.COM
  2. Web title, judul web perlu disesuaikan dengan isi halaman yang ditampilkan seperti tema, keyword dll.
  3. Permalink, adalah link yang disesuaikan dengan judul posting, tag, kategori dll. contoh: http://blog.arbei.net/belajar-seo-bagi-pemula.html
  4. Heading Tag <H1> <H2> <H3>, yang biasanya menjadi bagian dari judul konten bisa disisipi dengan keyword.
  5. Anchor text, adalah teks link atau Hyperlink text. Teks link ini juga perlu disesuaikan dengan isi konten. contoh anchor : Belajar SEO atau Belajar SEO bagi Pemula. Hindari pemakaian anchor seperti “Klik disini” didalam konten. Nah keyword yang anda target harus menjadi anchor disemua lini website/blog anda tapi tetap memegang prinsip tampak alami atau natural.
  6. Atribut NoFollow, gunakan atribut Nofollow jika didalam konten ada link yang mengarah keluar website/blog anda. contoh nofollow : Ilmu Marketing & Research di kaskus, dimana tag html nya adalah seperti : href=”http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=388″ rel=”nofollow”. Tapi tdk masalah jika ingin memberikan backlink kepada website/blog lain.
  7. Penggunaan Meta Robots NoIndex,Follow pada halaman2x seperti kategori, archive dll. Dimaksudkan agar googlebot tetap melakukan crawling tapi tidak perlu mengindex link2x halaman yang tidak perlu. Hal ini biasanya menghindari kerancuan landingpage.
  8. Meta description dan Meta keywords perlu disesuaikan dengan isi konten dan tag.
  9. UptoDate Fokus dan Unik, Google sangat menyukai website/blog yang memiliki konten yang uptodate, unik dan fokus.

dan masih banyak lainnya tentang SEO ONPAGE, tapi poin2x diatas sudah cukup untuk pemula dan jg merupakan dasar belajar dari SEO ONPAGE. Kita tidak perlu pusing dalam belajar SEO jika Website kita berbasis WordPress, karena wordpress sendiri lahir dengan sifat SEO Friendly dengan dukungan plugin2x SEO nya yg akan memberikan kemudahan dalam implementasi SEO secara instant terutama untuk pemula.

SEO OffPage

Sedangkan untuk SEO OffPage adalah teknik SEO yang intinya hanya mencari backlink atau mempromosikan link atau menempatkan link website kita di website lain seperti forum online, blog, iklan berbayar, link exchange, free directory, social bookmark, photo-video sharing, social network dll. Semakin tinggi tingkat popularitas website tempat backlink kita, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan “nilai bagus” dari Google, dan semakin tinggi pula trafik yg akan kita dapatkan.

Belajar SEO bisa dikesampingkan JIKA konten website kita uptodate, sangat bermanfaat dan interaktif bagi visitor (pengunjung) karena sebenarnya kualitas konten adalah segalanya. TAPI akan sangat bagus jika SEO menjadi nilai tambah website kita karena Google pun masih memanfaatkan SEO sbg salahsatu acuan dlm menilai website kita 😉

Belajar SEO untuk Pemula itu mudah dan tidak ribet

Tanpa belajar yg jelas, biasanya pemula-pemula SEO hanya asal submit dengan memanfaatkan tool-software pencari backlink yang hanya menghasilkan SEO instant (jangka pendek) sampai akhirnya ketahuan sbg SPAM backlink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *