Alasan Memilih Ubuntu (Linux)

Ubuntu adalah salah satu dari sekian banyak distro linux yang beredar di planet ini. Dari sekian banyak distro linux (terutama distro khusus untuk pengguna desktop), hanya Ubuntu yang mampu memikat hati saya sebagai seorang pemula pengguna linux. Saat ini saya sedang berusaha untuk migrasi semua pekerjaan (marketing online) dari windows ke ubuntu yang diawali dengan menginstall ubuntu melalui hardisk sebelumnya. Berikut beberapa alasan pribadi kenapa harus memilih ubuntu daripada windows.

  1. Lisensi. Walau sebenarnya harga windows itu murah jika dibanding dengan fitur dan support yang didapat, tetapi tidak diimbangi dengan sekuriti dan performa sebagai OS. JIKA aktifitas saya mengarah ke GAMER sejati maka windows masih sangat saya butuhkan.
  2. Performa. Pada dasarnya, linux (ubuntu) tidak membutuhkan spek hardware yang tinggi, karena kernel linux sangat efektif dan efisien dalam pemanfaatan hardware (terutama memori dan prosesor), tidak seperti windows yang SANGAT BOROS.
  3. Keamanan. Hal inilah yang sampai detik ini tidak bisa dipungkiri bahwa keamanan Linux jauh lebih unggul daripada windows. Sejak awal install, linux tidak memerlukan antivirus dan firewall tambahan, karena pada dasarnya linux dirancang untuk kebutuhan keamanan data. Walaupun bukan berarti linux 100% AMAN tapi jauh lebih aman daripada windows yang masih lemah terhadap virus, spyware dll. Untuk AMAN, windows membutuhkan antivirus yang handal, berbayar dan boros memori.
  4. Restart. Linux membutuhkan restart jika memang SANGAT-SANGAT diperlukan, tidak seperti windows yang “dikit-dikit” restart (install software dan driver pun sampai butuh restart ^^). Kalaupun Linux (Ubuntu) mengalami hang, hanya cukup me-restart desktop/window manager (Ctrl-Alt-Backspace) dan tidak perlu merestart ampe booting komputer. Bagaimana dengan windows ketika hang ??? Tekan tombol power yang lama ya gan hehehe.
  5. Update GRATIS. Linux (Ubuntu) akan merilis fitur baru per 6 bulan (Oktober dan April). Bagaimana dengan windows ??? dari win XP yang masih stabil ke Win Vista ya jadi OS Gagal itu kemudian ke Win 7 yang menjadi penyempurnaan Win Vista hehehe. (harus bajakan klo di windows ya gan).
  6. Linux is Free. Linux itu gratis, gratis untuk dipakai dan gratis untuk diutek-utek. Linux itu seperti mainan bongkar pasang. Anda bisa jadikan linux sesuai dengan kepribadian anda. Kalau anda baik, linux bisa jadi alat hacking dan kalau anda jahat, linux pun bisa jadi alat cracking. Software aplikasi di ubuntu pun banyak yg gratis.
  7. Terminal. Di linux ada terminal yang bisa melakukan fungsi apapun seperti fungsi yang berlaku di lingkungan desktop. Tidak seperti Command prompt pada windows yang hanya memiliki fungsi terbatas.
  8. Komunitas. Komunitas Linux Ubuntu mungkin adalah komunitas terbesar daripada komunitas distro linux lainnya saat ini. Dengan dukungan komunitas yang besar itu, memudahkan saya sebagai pemula linux untuk meminta tolong hehehe.

Dari sekian alasan tersebut diatas, saya pribadi masih memakai windows HANYA untuk bermain Counter Strike Online hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *